Catatan Pribadi: Pointer Kata Perpisahan Purna Tugas Dengan Teman Teman Kantor di Rumah Solo


21 Mei 2010  

Ass Wr Wb, Selamat Siang, Salam Sejahtera,

Terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu datang ke rumah kami di Solo. Kami merasa berbahagia separuh karyawan kantor naik 2 buah bis berkenan datang ke Solo guna mengadakan acara perpisahan dengan kami.

Pertama sekali, kami mohon agar teman-teman tidak kaget melihat simbol-simbol yang ada di rumah ini. Banyak patung, ada Prabu Kresna, penguasa Kerajaan Dworowati, seperti nama jalan di depan adalah Dworowati. Kemudian ada Ganesha, Dewi Sri, Semar, Maitreya, Gusti Yesus dan Buddha dan di belakang rumah ada beberapa patung yang lebih kecil lainnya. Simbol-simbol berupa gambar atau lukisan dari beberapa keyakinan yang ada di Indonesia juga terpasang di ruang ini. Sekedar mengingatkan nenek moyang kami pernah mempunyai banyak keyakinan dan benih pemikiran mereka masih terwariskan dalam DNA kami. Bagi kami Borobudur bukan peninggalan zaman Buddha, Prambanan bukan peninggalan zaman Hindu, akan tetapi semuanya adalah warisan nenek moyang saya.

Kami mulai kerja pada tahun 1979 di Proyek Irigasi Luwu, Sulawesi Selatan. Kantor proyek berada di Makasar, akan tetapi lokasi proyeknya berada di Kabupaten Luwu, perbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah, sekitar 9 jam perjalanan dari makasar pada saat itu. Beberapa kali kami dalam perjalanan menginap di Tanah Toraja. Setelah dua tahun kemudian kami pindah ke Bengkulu. Pada tahun 1985 kami mendapat tugas belajar di University of Manitoba, Canada dan pada tahun 1987 sepulang dari Canada kami ditempatkan di Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh pada Proyek Irigasi Baro Raya. Pada tahun 1988 kami diangkat menjadi Pemimpin Proyek Irigasi Aceh Utara, yang berkantor di Banda Aceh. Pada tahun 1999 Kantor Proyek Irigasi Aceh Utara pindah ke Kota Bireuen, Kabupaten Aceh Utara. Pada waktu itu di Aceh termasuk DOM, Daerah Operasi Militer, dengan adanya Gerakan Aceh Merdeka. Pada tahun 1990 dalam perjalanan dinas ke Banda Aceh kami tertembak di Daerah Pidie oleh senjata M16 yang terarah kepada pengemudi tetapi peluru pecah kena mobil dan pecahannya mengenai paru-paru dan limpa kami. Alhamdulillah, kami mengalami perpanjangan waktu, di addendum kontrak usianya.

Pada tahun 1991, Menteri Bappenas saleh Afiff meresmikan Bendung Peusangan Proyek Irigasi Aceh Utara dan kami mendapatkan bintang penghargaan dari Gubernur Aceh Ibrahim Hasan.

Pada tahun 1991, setelah 12 tahun di luar Pulau Jawa, kami mutasi menjadi Pemimpin Proyek Irigasi Teluk Lada di Pandeglang, Banten.  Pada tahun 1994 menjadi Pemimpin Proyek Induk Ciujung Ciliman di Banten dan pada tahun 1997, diminta menjadi Pemimpin Proyek Irigasi Jawa Tengah yang berkantor di Semarang. Setelah itu dalam rangka otonomi, kami masuk Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah dan pada tanggal 1 Juni 2010, kami memasuki purna tugas.

Alhamdulilllah, di Jawa Tengah, di Semarang dekat dengan Solo, kota kelahiran kami. Dan kemudian pandangan hidup kami mulai berubah. Mungkin juga, kehilangan limpa juga mengubah pandangan hidup kami. Mengenai perjalanan batin kami mudah-mudahan dapat kami sampaikan pada kesempatan lain.

Dalam kepindahan kami yang berkali-kali, kami mengenal banyak orang dari berbagai daerah. Kami melihatpandangan hidup teman dan para pimpinan kami. Hampir semua orang ingin menjadi pinter, kaya dan kuasa. Tidak salah juga, menjadi orang pinter dapat mempengaruhi orang yang kaya dan orang yang berkuasa untuk mencapai tujuannya. Menjadi orang kaya dapat membeli orang pinter dan orang berkuasa untuk mencapai tujuannya. Sedangkan menjadi orang berkuasa dapat memaksa orang pinter dan orang kaya untuk mengikuti kemauannya dalam mencapai tujuan.

Bagaimana pun dalam sebuah instansi, yang bisa menjadi kepala itu satu orang, sedangkan yang jauh lebih banyak sisanya tidak bisa jadi kepala. Mustahil hanya yang menjadi kepala yang bisa berbahagia. Mestinya semua orang bisa bahagia. Akhirnya kami sadar bahwa kepinteran, kekayaan dan kekuasaan hanyalah sarana untuk mencapai kebahagiaan. Banyak orang yang salah paham, tidak bisa membedakan antara sarana dan tujuan. Kami melihat banyak orang yang kecewa, tidak berbahagia karena tidak menjadi kepala dan kami juga melihat banyak pensiunan para kepala yang juga tidak berbahagia.

Orang yang kebetulan memperoleh posisi basah juga tidak selamanya berbahagia, mengapa mereka  yang mendapat posisi kering nggak boleh bahagia. Apakah hanya yang jadi S2 yang bisa bahagia, padahal banyak yang lulusan SLTA yang berbahagia dan menikmati hidupnya.

Bahagia adalah rasa. Diperoleh dengan rasa syukur di dada. Bukan karena tercapainya sesuatu di luar diri. Di luar tak ada yang langgeng, semuanya sementara, fana. Pada akhirnya kami bertemu Bapak Anand Krishna dan kami merasa bahagia, semua masalah menjadi terbuka. Jaya Guru Deva.

Menurut penelitian BBC, orang Inggris dalam 20 tahun terakhir gajinya 4 kali lipat dari sebelumnya, tetapi polling menunjukkan kebahagiaan mereka turun. Mengapa? Ternyata, dari penelitian rasa bahagia tergantung dari relasi-hubungan, kesehatan dan kepuasan, bukan kebendaan. Kebendaan menambah kenyamanan tetapi belum tentu kebahagiaan.

Terima Kasih Teman-Teman, atas kerjasamanya selama ini, kita telah bekerja sama dalam suka dan duka. Kami mohon maaf apabila dalam bekerja terdapat hal-hal yang tidak pada tempatnya, dan juga apabila ada tindakan kami yang membuat Teman-Teman tidak berkenan. Kami merencanakan memanfaatkan sisa usia kami untuk meniti ke dalam diri. Dan berbhakti pada Ibu Pertiwi sesuai skill yang kami punyai, dan sisa usia yang masih kami punyai.

Terima Kasih. Semoga Tuhan memberkahi kita semua…….

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 220 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: