Berbeda-beda Hakikatnya Satu Jua


 

Sewaktu tubuhku sehat, tidak ada keluhan

Aku merasa tubuhku satu kesatuan

Tidak kusadari aku punya paru-paru, jantung, ginjal dan yang lain

Sewaktu kakiku sakit, aku baru sadar bahwa aku punya kaki

Sewaktu perutku mulas, aku baru sadar aku punya perut

Pada waktu diriku bahagia, tidak ada kesedihan

Aku merasa diriku satu kesatuan dengan alam

Sewaktu diriku sakit hati, aku baru sadar bahwa aku berbeda dengan yang lain

Kesakitan, ketidakbahagiaan, ego membuat aku terpisah dengan lainnya

Aku merasa terpisah karena sedang sakit

O, Gusti

Lewat Guru, buku, keheningan, dan semua yang menuntunku

Sedikit-sedikit dibukakan pemahamanku

 

Tiba-tiba aku ingat buku yang pernah kubaca

Setiap kali aku menghirup napas, aku menghirup 1022 atom dari alam semesta

Yang akan menjadi sel-sel otak, jantung, paru-paru dan yang lain

Setiap kali aku menghembuskan napas, aku mengeluarkan 1022 atom ke alam semesta

Yang terdiri dari kepingan otak, jantung, paru-paru dan yang lain

Aku mempertukarkan organ tubuhku dengan organ tubuh orang lain,

Dengan orang yang pernah hidup, dengan semua makhluk, semua zat, yang pernah hidup

Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, hampir semua atomku sudah berganti total

Atomku darimu, atommu dariku

Sejatinya semuanya adalah energi

Hakikatnya kita semua satu

Gusti, kalau saja aku tahu bahwa ego itu penyakit………

Perlu perjuangan untuk memelihara kesadaran bahwa kita itu satu

Perlu perjuangan untuk melakoni hidup sehari-hari dengan kesadaran bahwa kita itu satu

Sudah lama Guru mengajariku

Pikiranku saja yang bebal, otak lumpur

Terima kasih Gusti

Terima kasih Guru

 

Triwidodo

Desember 2007

Tinggalkan Balasan

