Hukum Perubahan pada Tubuh, Pikiran dan Jiwa, (Body, Mind and Soul)


Perubahan pada tubuh

            Tubuh manusia bukan seperti patung yang relatif stabil dan relatif terpisah dengan alam semesta. Tubuh manusia adalah medan energi yang dinamis, yang terus menerus bertukar energi dengan medan energi yang luas dari alam semesta. Tubuh manusia selalu diperbaharui dan berganti setiap saat. Dalam satu tahun lebih kurang 98 % tubuh kita telah menjadi baru. Tulang manusia pun berubah setiap 3 bulan. Milyaran atom yang membentuk tubuh keluar masuk dengan bebas melalui dinding sel secara terus menerus. Atom-atom baru mengalir terus ke seluruh tubuh, sedangkan atom-atom lama keluar dari tubuh ada. Atom yang keluar lewat pernapasan dihirup manusia dan makhluk lainnya, sehingga sesungguhnya manusia telah bertukar atom dengan manusia dan makhluk lainnya. Otak kita pun, dimana sel-sel nya tidak mengalami regenerasi pada saat mati, terdapat karbon, hidrogen, nitrogen dan oksigen yang hampir semuanya terbaharui baru dalam waktu satu tahun.

 

Pertukaran informasi dalam otak

            Jikalau pada tubuh kita terjadi pertukaran atom, kemudian didalam pernapasan kita terjadi pertukaran gas, maka dalam pikiran kita yang berpusat di otak juga terjadi pertukaran informasi. Otak adalah organ yang menerima, mencatat dan memproses informasi. Sebagaimana kualitas udara mempengaruhi kesehatan tubuh, maka kualitas informasi juga mempengaruhi kesehatan diri. Informasi ini masuk dan keluar lewat interaksi pikiran kita dengan pikiran orang lain, misalnya lewat kontak langsung atau lewat buku. Buku pada dasarnya adalah kumpulan informasi. Masalah yang paling krusial adalah bagaimana memilih informasi yang sehat bagi diri.

            Manusia adalah kumpulan informasi yang dimulai sejak kecil, yang dianggap sebagai identitas dirinya. Manusia memilih informasi berdasarkan identitas dirinya. Padahal informasi itu selalu berkembang dan identitas diri kita pun selalu berkembang. Pada suatu saat akan datang suatu kesadaran bahwa diri itu bukan kumpulan informasi pikiran. Akulah pemilik kumpulan informasi itu. Beberapa orang mengatakan yang menyadari kepemilikan akan tubuh dan pikiran itulah jiwa. Jiwa itulah pengendali pikiran, pengendali informasi. Semakin meningkat kesadaran akan tiba saatnya suatu kesadaran baru bahwa diri itulah saksi dari tindakan berpikir, berbicara dan berbuat. Mungkin dari sudut pandang pikiran inilah jati diri manusia. Jati diri sesungguhnya menurut beberapa orang sudah berada diluar pikiran, sudah melampaui pikiran.

 

Penciptaan, Pemeliharaan dan Pendaur-ulangan

            Seluruh sel dalam tubuh kita pada dasarnya tercipta atau lahir, kemudian hidup dan terpelihara sampai akhirnya mati dan didaur ulang oleh alam semesta. Kejadian ini merupakan suatu siklus kehidupan. Apabila pada waktu masih hidup terjadi perubahan, misalnya suatu tanaman atau hewan agar bertahan hidup harus menyesuaikan dengan keadaan, maka sel-selnya yang baru sudah menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

            Manusia mempunyai kemampuan yang luar biasa. Apabila dalam kehidupannya dapat merubah pola pemikirannya karena menyadari jati dirinya, maka akan terjadi perubahan sel-sel syaraf dalam tubuhnya menyesuaikan pola pemikiran yang baru tersebut. Pola pemikirannya akan berubah total dan dia seakan mengalami kelahiran baru, kelahiran Kristus di dalam diri. Pemacu dan pemandu kearah pengenalan jati diri dan perubahan pola hidup tersebut adalah seorang Guru, seorang Master. Terima kasih Guru.

Triwidodo

Juli 2008.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: