Yuk Beresin Diri Sebelum Kita Ngurusin Negri


Selalu ada pendekatan yang nampak berlawanan dalam mencapai tujuan, perubahan dari dalam menuju luar atau perubahan luar yang dijadikan aturan mengikat, kemudian diharapkan   dapat mempengaruhi individu-individu.

            Berapa banyak uang dihamburkan untuk membeli parfum guna mengatasi bau manusia? Bau luar ditimbulkan dari proses dalam tubuh dan kita mengatasi dari luarnya saja bukan mengatasi penyebabnya. Asupan makanan, jumlah air yang dikonsumsi akan berpengaruh dan perlu diatur agar bau tubuh tidak begitu menyengat. 

            Masyarakat mengharapkan fatwa lembaga yang dijadikan pedoman baku yang diharapkan mengarahkan pribadi-pribadi ke arah kebenaran. Di lain pihak, Nabi memulai dari pribadi, “mintalah fatwa dari hati nuranimu”. Para tokoh mengajarkan moralitas dan tetap saja kehidupan masyarakat masih amburadul. Ada benarnya pendapat yang menyatakan akhlak individu diperbaiki lebih dahulu dan masyarakat akan berkembang menjadi baik. Dari dalam ke luar atau dari luar ke dalam atau interaksi keduanya akan menjadi perdebatan yang tidak akan pernah berakhir.

            Leluhur kita dalam memilih menantu ditelisik bibit, bobot dan bebednya. Bukan asal comot dan kemudian diatur perilakunya dengan tata etika tertentu.

            Belajar dari alam, kita membuat benih padi handal yang bersertifikat, kemudian benih tersebut disebar dalam areal persawahan. Kita tidak asal menebar bibit sekenanya baru dirawat sebaik mungkin. Kita juga memulai dengan menanam bibit ikan atau hewan yang unggul untuk dikembangbiakkan.

            Para orang suci juga memulai dengan meningkatkan akhlak sahabat-sahabatnya, sebelum berkembang menjadi ajaran yang dianut masyarakat luas. Tepat sekali motto sekelompok anak muda pecinta Indonesia yang menjadi afirmasi “Yuk Beresin Diri Sebelum Kita Beresin Negri”.

            Kita tahu sumber dari ucapan dan tindakan adalah pikiran. Apabila kita hanya melihat seseorang dari tindakannya yang tidak melenceng dari pedoman atau syariat, kita akan menganggap dia orang baik. Akan tetapi kalau kita dapat melihat apa yang ada dalam pikirannya, kita akan takut. Pikirannya belum jernih, potensi keburukan yang dimilikinya hanya dibendung dengan aturan luar, dan suatu kali dapat bobol. Dan, itulah yang terjadi ketika terjadi suatu kerusuhan, potensi keburukan meledak dan terjadi anarki di mana-mana. Kita terlalu menjaga tindakan, tetapi membiarkan pikiran liar bekerja. Ibaratnya kita hanya memberikan es ke dalam air yang mendidih di panci, bukan mematikan kompornya.

            Yang dapat mengendalikan pikiran, ucapan dan perbuatan adalah kesadaran. Diawali dari kesadaran, setiap saat sadar akan apa yang dipikir, diucapkan dan yang diperbuat. Mereka yang menguasai ilmu agama pun harus sadar, bagaimana memperbaiki akhlak, dan bukan hanya memberikan aturan yang benar dan salah. Nabi mengatakan setelah perang Badar, kita akan menghadapi perang yang lebih besar, perang di dalam diri. Perang untuk menegakkan kesadaran. Dan itu merupakan perjuangan pribadi yang belum tentu nampak dari luar. Hati nurani kita sering tertutup kepentingan duniawi.

            Untuk memberesin diri diperlukan perjuangan sepanjang masa. Masyarakat yang malas akan mengandalkan pedoman di luar. Walaupun kadang-kadang suatu perbuatan berlawanan dengan hati nuraninya, karena melihat tidak ada aturan di luar, atau aturan di luar membolehkannya, maka dia meninggalkan hati nuraninya. Masyarakat yang hanya mengandalkan aturan luar adalah masyarakat yang malas. Perlu semangat untuk memberesin diri dan kemudian memberesin negri.

 

Triwidodo

Agustus 2008.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: