BG Bab 7 Gyan Vigyan Yoga Teks 1-9


 

Chapter 7 Self knowledge and enlightement

 

Bab 7 Gyan Vigyan Yoga

 

Text 1

Lord Krsna said : Listen, O Arjuna how by having your mind fixed on me, by practising yoga and taking refuge in me , you can know me completely free from doubt.

Teks 1

Krishna berkata: Dengarkan dengan baik, Arjuna. Apabila kau selalu melatih diri untuk mencapai kesempurnaan, dengan pikiranmu terpusatkan pada “Aku”, pada akhirnya kau pasti akan mengenal “Sang Aku” yang abadi ini.

 

Text 2

I shall now explain to you, without holding back, knowledge ands it is realisation , understanding which there ould remain nothing you do not understand.

Teks 2

Ajaran yang kusampaikan ini merupakan yang tertinggi, dan apabila kau telah menguasainya, di alam semesta ini tidak ada sesuatu lain yang harus kaukuasai lagi.

 

Text 3

Out of thousands of men , one may strives for perfection , and among those who have attained it, only very rare soul can understand me in truth.

Teks 3

Di antara ribuan manusia, mungkin hanya satu yang ingin mencapai kesempurnaan, dan di antara ribuan mereka yang berkeinginan demikian dan berhasil, mungkin hanya satu saja yang menyadari hakikat “Sang Aku” ini.

 

Text 4

Earth, water, fire , air , ether, mind, intellect, and false ego, these eight together constitute my separate material energies.

Teks 4

Tanah, air, api, angin, angkasa, pikiran, intelek dan keangkuhan – semuanya ini sekadar sifat-sifat rendah “Sang Aku” yang sejati.

 

Text 5

However, besides these , o mighty armed one, I have another, superior energy comprising of souls, by which this universe is maintained.

Teks 5

Di atas sifat-sifat yang rendah ini, ada satu sifat yang lebih tinggi, yaitu Prinsip Kehidupan, yang menyebabkan adanya alam semesta ini.

 

Text 6

You should understand that all beings take root from these two energies : material and spiritual and I am the creator and destroyer of entire universe.

Teks 6

Ketahuilah bahwa makhluk-makhluk hidup lahir dari dua energi (rahim) tersebut, material dan spiritual dan “Sang Aku” yang menyebabkan kelahiran dan kematian segalanya.

 

Text 7

O winner of wealth there is nothing superior to me. Everything rests on me like pearls strung on a thread.

Teks 7

Tidak ada sesuatu yang lebih tinggi dari “Sang Aku” ini. Ibarat tali pengikat yang mengikat butir-butir permata sehingga tercipta kalung yang indah, begitu pula alam semesta dengan seluruh isinya ini terikat pada “Sang Aku”.

 

Text 8

O son of Kunti , I am the taste in water, the light in the sun and the moon , the sacred syllable OM in the vedas , the sound in either and the ability in man.

Teks 8

Wahai putera Kunti, “Aku” adalah segalanya, Aku adalah rasa dalam air. Aku pula Cahaya bulan dan matahari. Aku adalah sabda alam “Aum” yang menyebabkan terjadinya penciptaan. Aku suara hening yang ada dalam angkasa dan Aku pula kejantanan seorang pria.

 

Text 9

I am original fragance of earth , the heat in fire , the life in all living beings, and the discipline in ascetic.

Teks 9

Aku wangi tanah dan pula nyala api, Aku adalah sumber kehidupan dan tapa brata dalam diri mereka yang bertapa.

Tinggalkan Balasan

