DEKLARASI Indonesian Youth Revolution


PRESS RELEASE

 Keadaan Bangsa Indonesia saat ini tengah memasuki masa-masa yang kritis dan di ambang perpecahan. Berbagai macam konflik di antara sesama anak bangsa terus saja terjadi, karena anak-anak bangsa telah lupa akan jati dirinya, dan berupaya bersandar pada pengaruh budaya asing. Namun, sungguh ironis, segolongan anak bangsa justru sibuk menggadaikan kekayaan alam Indonesia. Motif-motif ekonomi dan politik yang sempit telah membutakan mata hati mereka, sehingga mereka malah lebih mengutamakan kepentingan individu maupun kelompok daripada kepentingan bangsa dan negara.

 Hal ini tentu sungguh sangat menyedihkan mengingat Indonesia adalah negara yang kaya, baik dari sumber daya alam maupun budayanya. Kekayaan alam dan kearifan budaya lokal seharusnya dipertahankan oleh setiap anak bangsa dengan dilandasi oleh spirit Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita pendirian negara ini seperti yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945.

 Namun, pada kenyataannya, landasan kita bernegara dan berbangsa saat ini sedang terkoyak oleh sebagian anak bangsa yang secara sadar maupun tidak sadar telah menjadi antek dari kekuatan asing untuk memecah belah persatuan bangsa demi menguasai sumber daya alam negeri ini.

 Dan yang lebih menyedihkan lagi, saat ini ada segolongan orang yang menggunakan isu-isu “penajaman” perbedaan agama sebagai ajang untuk menggalang dukungan politik. Padahal, Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan pada tanggal 17 agustus 1945 merupakan wujud nyata kesadaran para founding fathers kita bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia hanya dapat didirikan di atas landasan Bhineka Tunggal Ika dan Pembukaan UUD 1945 yang menjujung tinggi nilai-nilai ketuhanan dan keagamaan secara universal – serta tidak pada akidah salah satu agama tertentu.

 Namun, sayangnya, pemerintah pusat yang lemah sering kali mengakomodir kemauan kelompok-kelompok yang menggunakan isu-isu “penajaman” perbedaan agama di atas demi kepentingan politik sesaat. Hal ini tidak bisa terus dibiarkan bila tidak ingin negera Kesatuan Republik Indonesia menjadi terpecah belah dalam konflik politik bernuansa agama seperti yang saat ini tengah melanda Sudan, Somalia, Pakistan dan Afganistan.

 Oleh karenanya, kami sebagai anak bangsa yang memiliki latar belakang berbeda dalam suku, ras, kepercayaan, agama, profesi, pendidikan dan lainnya menyatakan membentuk suatu gerakan moral, budaya, dan spriritual yang sepenuhnya tunduk pada azas Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila. Gerakan ini kami namakan: INDONESIAN YOUTH REVOLUTION!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: