Kebaikan Dan Kebenaran Ilahi Di Dalam Diri


Sumber FB Bapak Marhento Wintolo

Mazmur 25:8 hari ini mengingatkan kita akan kasih Gusti Allah dan kesia-siaan kawula. “Tuhan adalah baik dan benar”, demikian nyanyian Nabi Daud, “sebab itu Ia menuntun mereka yang sesat”. Inilah kasih ilahi. Kalau kesia-siaan kawula lain lagi. Kita lebih pandai membenarkan diri, dan menyesat-nyesatkan orang lain. Bahkan untuk meninggikan diri kita tidak segan-segan menjatuhkan orang lain. Kalau bisa orang lain dikebiri, supaya kita saja yang tampil jantan. Kalau perlu orang lain dibonsai, supaya kita sendiri yang tampil bertumbuh lebat.

Demikian sifat kita yang maha lucu dan maha tidak sopan, tidak selaras dengan hukum semesta dimana setiap wujud kehidupan adalah suci dan patut dimuliakan. Bukan wujud kita saja, bukan wujud mereka yang kita sayangi saja, tapi setiap wujud, setiap bentuk kehidupan. Bagaimana negara atau suatu lembaga masih saja bisa menyatakan seseorang atau sekelompok orang itu sesat? Padahal kita semua sesungguhnya masih sesat dan membutuhkan tuntunan?

Kita begitu napsu untuk membuktikan bila kita sendiri yang “tahu jalan”, yang lain semuanya sesat. Aneh. Kalau memang betul demikian, maka menjadi kewajiban kita untuk menuntun yang tersesat. Itulah tuntutan kebaikan dan kebenaran. Allah tidak pernah menghukum kita karena kita sesat. Kita menderita karena ulah kita sendiri, tidak mau mengikuti sang pemandu yang telah dikirimkan-Nya untuk menuntun dan memberi peringatan kepada kita. Kita tersandung karena ketidakjelian kita sendiri. Kendati sudah jatuh dan babak belur pun Gusti tidak bosan-bosannya mengurusi kita lewat para rasul dan nabi. Adakah kebaikan dan kebenaran seperti itu di dalam diri kita? Salam Perenungan, Selamat Menemukan Kebaikan dan Kebenaran Ilahi di dalam diri.

Mazmur 25:8: TUHAN itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. nice post…
    kunjungi ini ya..
    klik ini
    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: