Latihan Rutin Yoga? Very Powerful!

yoga pagi di pantai selatan

Kesalahan Fatal Akibat Pelaksanaan Latihan Yoga yang Salah

Anand Krishna: “Banyak orang yang melakukan yoga dengan sangat dinamis. Tidak ada salahnya juga. Akan tetapi otak perlu mencatat semua postur yoga dan ini membutuhkan gerakan yang lebih lambat.”

Penyiar Kali Ma dari Sonic Zen Radio (Perth): “itulah yang saya katakan bahwa kita perlu menyiapkan ruang antara agar tubuh dapat mencatat perubahan. Banyak pelaku yoga yang melakukan yoga dinamis dan tubuh mereka berakhir dengan cedera.”

Anand Krishna: “Tepat, banyak di antara mereka yang juga cedera mental. Gerakan yoga mengubah sikap mental kita, persepsi kita, mengubah semuanya. Para pelaku yoga yang benar akan menjadi responsif dan tidak reaktif.  Setelah Anda melakukan dengan lambat dan memberi kesempatan  tubuh untuk mencatatnya, Anda akan punya waktu untuk ‘pause sejenak’ dan berpikir apa yang sedang terjadi.”

Demikian terjemahaan bebas dari siaran Bapak Anand Krishna di Radio Spreaker tentang meditasi pada bulan Januari 2013.

 

Latar Belakang Penulis

Usia kami sudah hampir mencapai 59 tahun, akan tetapi kami bersama istri biasa pergi ke luar kota dengan mengendarai kendaraan sendiri. Paling tidak seminggu sekali kami melakukan perjalanan dari Solo ke Jogja dan dari Solo ke Semarang. Sejak usia 50 tahun kami ikut latihan meditasi di Anand Ashram. Sekali dalam seminggu kami latihan bersama Ananda’s Neo Stress Management di Anand Krishna Information Center Jalan Dworowati 33 Solo dan minimal sekali dalam seminggu ikut latihan Ananda’s Neo Kundalini Yoga di Anand Krishna Center Joglosemar Komplek Perumahan Dayu Permai P. 18 Jalan Kaliurang Km 8.5 Jogja. Dalam setahun entah berapa kali kami melakukan perjalanan ke luar kota tersebut disamping perjalanan ke Jakarta, Ciawi dan Ubud Bali. Semuanya berkaitan dengan kegiatan Anand Ashram dan urusan anak bungsu yang masih kuliah di Semarang.

Latihan meditasi memang membuat kami lebih percaya diri, bisa menikmati hidup dan menghadapi tantangan hidup dengan lebih tenang. Di rumah, kami melakukan tugas rumah sendiri, karena dari sejak kami nikah bisa dikatakan tidak pernah punya pembantu. Disamping melakukan tugas rumah kami latihan meditasi setiap hari dan juga aktif menulis di blog https://triwidodo.wordpress.com/ . Di blog ini tulisan kami sudah mencapai 1.087 artikel dengan pembaca blog rata-rata 150 orang per hari dengan total pembaca sampai saat ini sudah lebih dari 200 ribu pembaca.

Kami juga aktif menulis di kompasiana http://www.kompasiana.com/triwidodo . Di blog ini tulisan kami berjumlah 239 artikel dengan jumlah pembaca bervariasi antara 100- 400 pembaca per artikel dan pernah mencapai 4.279 pembaca untuk 1 artikel.

Untuk komunikasi dengan teman di dunia maya kami aktif menggunakan Facebook http://www.facebook.com/triwidodo.djokorahardjo dan juga di Twitter https://twitter.com/triwidodo3

Kami cocok dengan pandangan kehidupan Bapak Anand Krishna dan melengkapi perpustakaan keluarga dengan semua buku beliau.  Kami merasakan setelah melakukan latihan meditasi dengan rutin pemahamaan terhadap buku bacaan semakin lebih dalam.

 

Mengalami Bocor Ginjal

Kami sudah ikut latihan meditasi sejak 9 tahun yang lalu, sampai pada suatu saat kami mengantar istri yang sakit telinga ke seorang dokter THT tua. Di usianya yang 76 tahun, dokter mantan TNI dan berjiwa kebangsaan ini masih cerdas. Walau untuk menulis dengan tangan kanan sudah dibantu dengan dorongan tangan kirinya. Sambil ngobrol sang dokter berkomentar bahwa  senang mendengar kami sering latihan meditasi tetapi beliau mengingatkan bahwa tidak takut mati itu baik agar tidak cemas dalam hidup. Akan tetapi bila melihat panjang ikat pinggang yang dipakai, maka mereka yang mempunyai perut buncit jarang yang mencapai usia 65 tahun. Punya tubuh fisik juga harus dijaga. Dari obrolan tersebut kami check laboratorium dan ternyata semuanya sehat, kecuali ginjal sudah mulai bocor. Mungkin sewaktu muda bila kumat asam urat kami minum obat penghilang rasa sakit dan tidak melakukan pengaturan pola makan. Mulai saat bertemu dokter tua tersebut kami mulai menjaga makan, lebih sering vegetarian dengan mengurangi konsumsi telur.

Setelah itu kami paham bahwa tekanan darah harus dijaga tetap normal. Penurunan tekanan darah 5-6 mm Hg dapat mengurangi kemungkinan stroke sampai 40%. Juga pada waktu tekanaan darah normal, kerusakan organ tidak bertambah parah dan kemudian sedikit demi sedikit organ bisa diperbaiki. Kerusakaan organ terjadi dalam waktu lama dan karena kurang peka maka kita merasa sehat-sehat saja. Perbaikan organ juga akan memakan waktu yang tidak sebentar. Dalam beberapa minggu setelah pengobatan sang dokter tingkat kebocoran ginjal kami sudah berkurang banyak.

 

Melakukan Latihan Yoga dengan Rutin

Perubahan total terjadi dalam perjalanan hidup kami. Pada bulan Desember 2012, Bapak Anand Krishna di Anand Ashram Ubud  berbicara yang langsung mengena hati kami. Beliau menekankan bahwa bila seseorang masih saja berniat vegetarian tetapi sering gagal bisa dipastikan karena latihan yoganya tidak rutin. Beliau bahkan langsung terjun memberi latihan yoga sendiri. Yoga lain dengan aerobik. Yoga harus pelan dan sering “pause” sejenak memberi kesempatan tubuh mencatat kegiatan. Dengan yoga kita akan lebih peka. Demikian penjelasan Bapak Anand Krishna mengenai Latihan Ananda’s Kundalini Yoga. Silakan lihat ANANDA’s NEO KUNDALINI YOGA – Anand Ashram Foundation www.anandashram.asia/index.php?id…/kundaliniyoga

 

Bila seorang dokter umum akan memberi resep, maka dia akan bertanya kepada pasien apa yang dirasakaannya. Maka yang pertama kali memahami bagian tubuh mana yang sakit adalah diri kita sendiri. Untuk luka fisik gampang kelihatan, akan tetapi merasakan organ bagian dalam mana yang sakit kita sering keliru. Banyak orang orang yang kurang peka dan menyampaikan hal yang salah sehingga akibatnya diagnose sang dokter juga bisa salah. Bila kita terbiasa melakukan senam dengan sangat intensif, sering kita tidak merasa mantap bila intensitas latihan tidak ditingkatkan. Hal tersebut membuat kita tidak terlalu peka dengan perubahaan halus yang terjadi di dalam tubuh kita. Seperti halnya orang yang makan harus banyak dan bila sedikit belum merasa kenyang. Latihan yoga akan membuat kita lebih peka. Baca lebih lanjut

Iklan