Pemulihan Stress dan Trauma akibat Banjir pada Warga Kebonharjo, Tawang Mas, Semarang


Pemulihan Stress dan Trauma akibat Banjir pada Warga Kebonharjo, Tawang Mas, Semarang

Reporter Adrian Kristanto

Foto Michael Joglosemar

Yayasan Anand Ashram bersama Apotik Srikandi Babarsari Jogja bekerja sama mengadakan acara PPSTK, Pusat Pemulihan Stress dan Trauma Keliling bagi warga RW III Kebonharjo, Kelurahan Tawang Mas, Kecamatan Semarang Utara. Acara PPSTK ini dilaksanakan Minggu, 2 Februari 2014 pukul 08.00 – 12.00 WIB. Acara PPSTK ini berguna untuk memberikan terapi trauma healing bagi warga Tawang Mas yang terkena banjir. Banjir ini menimbulkan stress dan tekanan mental bagi warga, oleh karena itu dampak stress tersebut dikurangi dengan program terapi trauma healing, sebagaimana diungkapkan oleh Bapak Triwidodo sebagai Ketua Anand Krishna Center Joglosemar yang merupakan salah satu sayap dari yayasan Anand Ashram.

PPSTK Banjir 1 reiki, medis dan terapi ceria

Di samping memberikan terapi trauma healing tim PPSTK Anand Ashram juga memberikan terapi reiki bagi warga setempat. Tim PPSTK Anand Ashram juga memberikan terapi ceria bagi anak anak yang diikuti oleh puluhan anak SD setempat. Acara terapi ceria ini diisi dengan menyanyikan lagu lagu ceria, mengajar anak untuk menjaga kebersihan dengan mempraktekkan mencuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya.

PPSTK Banjir 17 Dari jemput anak2 untuk ikut program(1)

Tim PPSTK juga melaksanakan pelayanan kesehatan gratis bagi warga dan layanan kesehatan ke rumah rumah  (home visit) bagi warga yang sakit yang tidak mampu datang ke acara. Acara pelayanan kesehatan dipimpin oleh dr. Djoko Pramono selaku ketua panitia PPSTK.

PPSTK Banjir 6 menunggu panggilan

Ratusan warga merasa terbantu dengan layanan kesehatan ini. Keceriaan juga terpancar dari anak-anak yang diajak terapi ceria. Acara ini dihadiri oleh Bapak Lurah Kecamatan Tawang Mas, Bapak Mardiyono yang meninjau lokasi diadakannya terapi ceria dan sempat mengikuti terapi reiki. Bapak Mardiyono merupakan Lurah senior yang ada di Semarang, Beliau menyatakan merasa terbantu oleh Tim PPSTK dan bahkan bersama istri beliau merasakan terapi reiki, yang membuat rasa nyaman pada beliau. Acara ini juga didukung oleh Ketua RW III, Kelurahan Tawang Mas, Bapak Syafii, yang  berpartisipasi secara aktif dengan mengajak warga untuk mengikuti acara terapi trauma healing,  reiki dan pelayanan medis.

PPSTK Banjir 10 napas perut

PPSTK Banjir 11 duduk hening

PPSTK Banjir 12 ceria bersama setelah trauma release

PPSTK Banjir 7 mbak wayan menyalami Pak Lurah

PPSTK Banjir 16 Tim PPSTK Anand Ashram

Semoga di masa mendatang Anand Krishna Center Joglosemar bisa mengadakan kegiatan PPSTK lagi dengan menggandeng Dinas Kesehatan setempat untuk membantu pelayanan medis dan Dinas Pendidikan setempat untuk memberikan terapi ceria bagi anak anak.

Terima Kasih Semarang, semoga berkah acara ini bisa meningkatkan kesadaran kita untuk menjaga lingkungan, sehingga bencana tidak sering melanda kita.

logo PPSTK 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: